Langsung ke konten utama

POLITIK DAN KAPITALISME (Sosiologi Politik)



Sejak jaman Yunani Kuno dan Romawi Kuno, Uang Selalu Memberikan nuansa sendii dalam politik. Machiaveli sebagai pemikir politik yang sinis juga harus berhadapan dengan kenyataan begitu dekatnya kekuasaan dengan uang serta hak milik. Sedangkan Marx menyatakan bahwa ketika orang mulai memagari tanah miliknya serta menyimpan harta benda termasuk uang, kapitalisme dimulai.
Kini politik dan kapitalisme tidak bisa dipisahkan. Menurut Firmanzah (2008:10), semangat kapitalisme telah bersinggungan dengan kepentingan- kepentingan politik. Pasca perang dingin, sekalipun Cina masih menganut paham komunis, perlahan- lahan mulai mencanangkan kebijakan untuk investasi asing. Hasilnya, Cina mengalami kemajuan pesat. Komunisme masih tetap diterapkan terhadap rakyat Cina, walaupun gaya hidup disana sudah banyak diwarnai kapitalisme. Setelah runtuhnya komunisme, kapitlisme seolah olah menjadi satu satnya ideology pilihan, tidak hern apabila fenomena ini disebut sebagai “The end of history and the last man” Oleh Franchis Fukuyama (1992). Dia berpendapat pergolakan sejarah umat manusia melalui perang dan perdebatan ideology telah berakhir dengan berakhirnya perang dingin, merupakan kemenangan pihak demokrasi dan ekonomi liberal. Politik kini sudah bergerak layaknya sebuah industry. Di Indonesia kegiatan pemiilu dan kampanye politik telah menghabiskan dana hingga triliunan rupiah. Besarnya jumlah uang bergulir melahirkan bisnis kreatif yang menghasilkan produk produ olahan untuk kepentimgan dari kampanye politik. (suharya: 2009). Kemudian gelombang demokratisasi dan liberalisasi ekonomi menjadi trend global yang memasuki seluruh sendi kehidupan. Kini Negara merdeka yang menganut system politik demokrasi melonjak dari 34% di tahun 1983 dan kemudian menjadi 41% ditahun 1997. Dalam nada yang sama, Wall Street Journal pada tanggal 25 juni 1996 melaporkan bahwa pada tahun 1974, hanya 39 negara (25% dari Negara merdeka) yang menerapkan system demokrasi. Namun pada tahun 1996, 66% Negara memilih pemimpin mereka melalui proses pemilihan umum. Saat ini tercatat sebanyak 123 negara didunia sudah menganut system politik demorasi.
Selanjutnya banyak ilmuwan sosiologi dan politik berargumentasi peran amerika serikat dalam mempromisikan politik demokrasi keseluruh dunia setelah perang dingin sangat penting. Pada tahun 1991, kongres Amerika Serikat mengaitkan bantuan luar negri mereka dengan prinsip –prinsip demokrasi. Pembangunan ekonomi pada masa orde baru pun terlindungi oleh bantuan bantuan Amerika Serikat. Kongres Amerika Serikat menilai bahwa Indonesia pada masa orde baru sudah melaksanakan politik demokrasi dengan menyelenggarakan pemilu. Untuk itu pelanggaran pelanggaran HAM pada masa orde baru di Indonesia terlindungi oleh pelaksanaan pemilu yang menjadi tanda bahwa Indonesia telah menjadi Negara Demokrasi .
Selain itu, Dr. Firmanzah menerengkan bahwa proses demokratisasi berjalan dengan liberalisasi ekonomi. Melalui lembaga internasional seperti IMF dan Bank Dunia, mereka melakukan tekanan untuk membuka ekonomi nasional di pelbagai Negara agar lebih berorientasi pasar bebas. Bantuan- bantuan luar negeri selalu beriringan dengan klausul larangan praktik monopoli, intrevensi pemerintah dan subsidi, untuk mendukung pasar bebas. Kekuatan kapitalis dunia juga digerakkan oleh kehadiran perusahaan multifungsional (global) di pasar pasar domestic. Hamper disetiap Negara dapat kita temui gerai gerai perusahaan sepeerti Coca colaMcdonal, Honda,Ibm dan lain lain. Perusahan multinasional adalah agen- agen persaingan bebas. Mereka acap kalai memaksa pemerintah untuk melakukan persaingan bebas, sekedar untuk membuat mereka berinvestasi di negar tersebut, karena instrument yang paling menarik ialah idengan melakukan nvestasi asing dalam pasar bebas.
Dalam hal ini para kapitalis memainkan peran sangat besar dalam menyebarkan nilai – nilai pragmatis dalam kehidupan politik. Perdebatan ideologis seperti pada masa perang dimgin sudah redup. Masyarakat di banyak negaa lebih cenderung untuk meniali dan mengevaluasi calon pemimpin dan partai politik berdasarkan program kerja yang mereka tawarkan. Rakyat akan memilih partai politik atau kandidat yang dianggap paling mampu memberikan jawaban terbaik secara emosional maupun rasional atas permasalahan yang mereka hadapi.
Arus demokratisasi dan kapitalisme tidak bisa dibendung oleh siapapun. Masyarakat pun dituntut untuk berpolitik secara rasional. Politik yang paling rasional ialah politik yang mengikuti arus rasionalisme. Di Indonesia peran saudagar semakin besar dalam kacah politik, Jusuf Kalla pernah berujar, dalam politik pemgusaha sangat dibutuhka karena politik memerlukan biaya. Orientasi pendidikan pun diarahkan untuk menciptakan pengusaha-pengusah yang bisa menghasilkan banyak uang untuk menyelesaikan masalah – msalah did lam masyarakat. Untuk itulah politik sangat erat dengan kapitalisme dan merupakan realitas yang tidak bisa dihindari. Seperti dalam dunia bisnis politik pun haru memiliki program- program dengan kemasan yang bisa memberikan Image Positif kepada masnyrakat. Untuk itu dagangan-dagangan politik membutuhkan marketing yang handal untuk memenangkan persaingan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menciptakan Lingkungan Pembelajaran Dalam Manajemen Sumber Daya Manusia

Menciptakan Lingkungan Pembelajaran             Program pelatihan harus mencakp prinsip-prinsip pembelajaran tertentu agar mereka dapat pengetahuan dan berbagai ketrampilan pada program pelatihan serta menerapkan informasi tersebut pada pekerjaannya. Pelatihan dan pengembangan SDM menjadi suatu keniscayaan bagi organisasi, karena penempatan karyawan secara langsung dalam pekerjaan tidak menjamin mereka akan berhasil. Karyawan baru sering sering merasa tidak pasti tentang peranan dan tanggung jawab mereka. Permintaan pekerjaan dan kapasitas karyawan haruslah seimbang melalui program orietasi dan pelatihan. <span class="fullpost"> Keduanya sangat dibutuhkan. Sekali para karyawan telah dilatih dan telah menguasai pekerjaannya, mereka membutuhkan pengembangan lebih jauh untuk menyiapkan tanggung jawab mereka di masa depan. Ada kecenderungan yang terus terjadi, yaitu semakin beragamnya karyawan dengan organisasi yang lebih datar, dan persaingan global yang

LG Optimus 2X (P990), Pertama Dengan Dual-Core (Dikembangkan oleh produsen prosessor grafis NVIDIA ®, Tegra dual-core 2 sistem chip yang diterapkan di

LG Mobile Indonesia sekali lagi menunjukkan kekuatannya dalam mengarungi dunia ponsel cerdas berbasis Android, setelah memperkenalkan dua ponsel cerdas Android LG Optimus One dan LG Optimus Me. LG Mobile Indonesia kembali memberikan kejutan dengan memperkenalkan LG Optimus 2X (P990) Ponsel cerdas dual-core pertama di dunia. LG Optimus 2X yang diluncurkan di Korea pada bulan Januari, akan dilepas ke pasar posel di Indonesia bulan ini. "Teknologi Dual-core adalah lompatan berikutnya dalam teknologi ponsel ini bukti komitmen LG untuk ponsel cerdas dengan fitur terkini di tahun 2011," kata Kim Weon Dae, Presiden Direktur LGEIN Dikembangkan oleh produsen prosessor grafis NVIDIA ®, Tegra dual-core 2 sistem chip yang diterapkan di LG Optimus 2X berjalan pada kecepatan 1GHz dan menawarkan konsumsi daya yang rendah namun kinerja tinggi dalam memutar video dan audio. Pengguna dapat menjelajahi dunia maya lebih cepat dan menikmati game lebih bertenaga dibandingkan dengan prosesor single

Organisasi Garis dalam Struktur Organisasi Manajemen

Dalam tipe organisasi garis, kekuasaan berjalan secara langsung dari atasan kepada bawahan, langsung dari manajemen/manajer kepada orang-orang/pegawai, sampai setiap orang tercakup di dalamnya. Suatu perintah datang dari atasan kepada bawahannya dalam garis langsung. Organisasi lini adalah suatu bentuk organisasi yang di dalamnya terdapat garis wewenang, yang menghubungkan langsung secara vertikal antara atasan dengan bawahannya. Semua bagian mulai dari pucuk pimpinan sampai yang terendah dihubungkan dengan suatu garis wewenang/komando. Setiap kepala bagian/departemen/divisi mempunyai tanggung jawab untuk melapor kepada bagian atau unit yang berada satu tingkat di atasnya. Bentuk organisasi garis/lini disebut juga bentuk lurus atau bentuk militer (military organization). Sistem ini adalah yang paling praktis, karena tata hubungannya sangat sederhana sekali. Dari Top Manajer sampai bawahan yang paling bawah, segala sesuatunya berlangsung menurut garis komando biasa, sehingga tidak ada k