SARAN UNTUK MEMILIH
METODE PELATIHAN
Salah satu untuk memilih metode pelatihan adalah membandingkan
berbagai metode. Langkah pertama dalam memilih metode adalah mengidentifikasi
jenis-jenis hasil belajar dimana anda ingin pelatihan dapat memengaruhinya.
Hasil-hasil tersebut meliputi informasi verbal, keterampilan intelektual,
strategi pengetahuan, sikap, dan keterampilan motorik. Berbagai metode
pelatihan dapat memengaruhi satu atau beberapa hasil belajar. Sekali anda
mengidentifikasi metode pembelajaran langkah berikutnya mempertimbangkan sejauh
apa metode tersebut membantu proses pembelajaran dan peralihan pelatihan,
biaya-biaya yang berkaitan dengan pengembangan dan penggunaan metode serta
efektivitasnya.<span class="fullpost">
EVALUASI PROGRAM
PELATIHAN
Hasil-hasil pelatihan (training outcomes)dapat dikategorikan
sebagai berbagai hasil pengetahuan, hasil berbasis keterampilan, hasil yang
menyangkut perasaan, akibat, dan tingkat pengembalian investasi. Menunukkan
jenis-jenis hasil yang digunakan dalam mengevaluasi berbagai program pelatihan
serta hal-hal yang diukur dan cara mengukurnya. Ukuran-ukuran berbasis
keterampilan yang menyangkut perasaan dan akibat yang mengikuti pelatihan,
yaitu sejauh apa pelatihan telah mengubah perilaku, keterampilan, atau sikap
atau langsung memengaruhi ukuran-ukuran objektif yang berkaitan dengan
efektivitas perusahaan (seperti prnjualan).
BERBAGAI ALASAN UNTUK
MENGEVALUASI PELATIHAN
Berbagai perusahaan dengan praktik-praktik pelatihan
peningkatan hasil yang tinggi tidak hanya menginvestasikan uang dalam jmlah
besar untk mengembangkan ddan mengelola program-program pelatihan. Mengapa
program-program pelatihan harus dievaluasi ?
1.
Agar
dapat mengidentifikasi sebagian besar atau sedikitnya manfaat program bagi
orang-orang yang dilatih.
2.
Agar
dapat menentukan berbagai manfaat keuangan dan biaya program.
3.
Agar
dapat membandingkan berbagai biaya dan manfaat dari pelatihan untuk
investasi-investasi non-pelatihan (seperti perancangan ulang pekerjaan atau
seleksi karyawan yang lebih baik).
4.
Agar
dapatmembandingkan berbagai biaya dan manfaat dari program-program pelatihan
yang berbeda-beda untuk memilih program terbaik.
5.
Agar
dapat mengidentifikasi berbagai kekuatan dan kelemahan dari program. Ini
termasuk menentukan apakah program tersebut memenuhi tujuan-tujuan
pembelajaran, kualitas lingkungan pembelajaran, dan apakah peralihan pelatihan
pada pekerjaan telah terjadi.
RANCANGAN EVALUASI
Rancangan evaluasi yang berbeda-beda dapat diterapkan pada
program-program pelatihan. Membandingkan setiap rancangan evaluasi berdasarkan
orang-orang yang terlibat (orang-orang yang dilatih atau kelompok perbandingan
yang tidak menerima pelatihan). Ketika ukuran-ukuran hasil dikumpulkan (sebelum
dan sesudah pelatihan). Berbagai biaya, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan
evaluasi, dan kekuatan rancangan untuk mengesampingkan berbagai penjelasan
alternative pada hasil-hasil (misalnya, perbaikan factor-faktor lain selain
pelatihan).
Tidak ada satu rancangan evaluasi pun yang sesuai. Beberapa
factor perlu dipertimbangkan dalam memilih salah satu rancangan :
1.
Luasnya
program pelatihan
2.
Tujuan
pelatihan
3.
Berbagai
dampaknya jika program pelatihan tidak terjadi
4.
Berbagai
kaidah perusahaan tentang evaluasi
5.
Berbagai
biaya untuk merancang serta melakukan evaluasi, dan
6.
Kebutuhan
akan kecepatan dalam memperoleh informasi tentang efektivitas program.
Silahkan download Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) terupdate dan terlengkap di
BalasHapusDownload SKKNI terupdate
Metode pelatihan apa yang sangat efektif didalam proses pembentukan karakter seorang karyawan baru?
BalasHapusTerima kasih